fbpx

10 Resep Masker Wajah DIY untuk Kecantikan Ala Spa di Rumah

1.Masker Kunyit dan Madu untuk Mencerahkan Kulit

Bahan:

  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • 2 sendok makan madu murni

Campur 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 2 sendok makan madu murni sampai jadi pasta. Oleskan secara merata ke wajah yang sudah dibersihkan, hindari mata dan mulut. Diamkan 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kunyit dengan anti-inflamasi dan antioksidannya bisa mencerahkan dan meratakan warna kulit, sementara madu menarik kelembapan dan melawan bakteri, sempurna untuk kulit yang lembap dan sensitif.

2.Masker Mentimun dan Aloe Vera untuk Menenangkan

Bahan:

  • 1/2 mentimun
  • 2 sendok makan gel aloe vera

Haluskan setengah mentimun menggunakan blender atau parut untuk mendapatkan tekstur yang lembut. Campurkan purée mentimun tersebut dengan dua sendok makan gel aloe vera hingga tercampur dengan baik. Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Aplikasikan masker secara merata ke seluruh wajah, menghindari area mata. Biarkan masker bekerja selama 20 menit untuk merasakan efek menenangkannya, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih. Mentimun membantu menenangkan kulit, mengurangi pembengkakan dan iritasi, serta memberikan efek pendinginan yang segar. Aloe vera, dengan kandungan gelnya yang kaya, menyediakan hidrasi intens dan memiliki sifat penyembuhan yang baik untuk kulit yang meradang atau terbakar sinar matahari, memberikan kenyamanan dan pemulihan.

3.Masker Teh Hijau dan Madu untuk Antioksidan

Bahan:

  • 1 sendok makan bubuk teh hijau
  • 2 sendok makan madu

Ambil 1 sendok makan bubuk teh hijau dan aduk bersama 2 sendok makan madu murni dalam sebuah mangkuk hingga tercampur dengan baik dan membentuk sebuah pasta. Setelah membersihkan wajah, aplikasikan masker teh hijau dan madu ke seluruh wajah Anda, hindari area mata dan bibir. Biarkan masker ini menyerap ke dalam kulit selama sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air hangat dan keringkan dengan lembut. Teh hijau kaya akan antioksidan yang membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Madu merupakan antiseptik alami yang juga bekerja sebagai pelembab, sehingga tidak hanya melindungi kulit Anda dari kotoran tapi juga menjaganya agar tetap lembab. Kombinasi masker ini sangat baik untuk menyegarkan dan memperbaiki kondisi kulit secara alami.

4.Masker Yogurt dan Oatmeal untuk Eksfoliasi

Bahan: 

  • 2 sendok makan yogurt alami
  • 1 sendok makan oatmeal halus

Ambil 1 sendok makan oatmeal dan hancurkan hingga halus kemudian campurkan oatmeal halus dengan 2 sendok makan yogurt alami, Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur merata dan membentuk pasta yang konsisten. Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu dengan pembersih yang lembut, Oleskan campuran yogurt dan oatmeal pada wajah Anda, berikan pijatan ringan dengan gerakan melingkar untuk membantu proses eksfoliasi, Biarkan masker bertahan selama 10-15 menit agar nutrisi meresap ke dalam kulit, bilas wajah Anda dengan air dingin dan keringkan dengan handuk yang lembut. Yogurt kaya akan asam laktat yang berfungsi sebagai eksfolian alami, membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Oatmeal adalah eksfolian fisik yang lembut yang tidak hanya mengelupas kulit dengan halus tetapi juga menenangkan dan mengurangi iritasi. Masker ini cocok untuk semua jenis kulit, khususnya bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau yang membutuhkan pengelupasan yang lembut.

5.Masker Lemon dan Putih Telur untuk Mencerahkan

Bahan:

  • 1 Putih Telur
  • Beberapa Tetes Air Lemon

Mulai dengan memisahkan putih telur dari kuningnya dan masukkan ke dalam mangkuk bersih. Tambahkan beberapa tetes jus lemon, sekitar setengah sendok teh, lalu kocok kombinasi ini sampai berbusa. Pastikan wajah Anda bersih dari makeup atau kotoran sebelum mengaplikasikan. Oleskan masker secara merata menggunakan kuas atau jari, menghindari area mata dan mulut. Biarkan hingga mengering selama 10-15 menit, di mana Anda akan merasakan sensasi kencang pada kulit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk lembut. Masker ini menggunakan protein dari putih telur untuk efek mengencangkan, sementara lemon kaya vitamin C dan asam sitrat yang berperan sebagai pencerah alami. Penggunaan rutin akan membantu mencerahkan dan mengencangkan kulit. Selalu lakukan tes patch terlebih dahulu pada kulit sensitif untuk menghindari iritasi.

6.Masker Tomat dan Yogurt untuk Mengurangi Minyak

Bahan:

  • 2 Sendok makan jus tomat segar
  • 1 sendok makan yogurt

Mulai dengan mempersiapkan tomat segar dan yogurt alami. Haluskan tomat untuk mendapatkan 2 sendok makan jusnya, lalu campurkan dengan 1 sendok makan yogurt alami dalam mangkuk kecil hingga tercampur rata. Bersihkan wajah Anda sebelum mengaplikasikan masker untuk memastikan efektivitasnya. Oleskan masker secara merata ke seluruh wajah, hindari area mata dan bibir, dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Masker tomat dan yogurt ini sangat baik untuk mengurangi minyak berlebih, membersihkan pori-pori, dan menenangkan iritasi serta kemerahan kulit. Tomat berfungsi sebagai astringent alami, sementara yogurt dengan asam laktatnya membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit secara mendalam.

7.Masker Avokad dan Madu untuk Kulit Kering

Bahan:

  • ½ buah avokad
  • 2 sendok makan madu

Potong setengah buah avokad dan hancurkan hingga halus. Campurkan dengan 2 sendok makan madu hingga rata. Oleskan campuran masker ke seluruh wajah yang telah dibersihkan dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan lembut. Masker ini kaya akan nutrisi yang dapat melembabkan kulit kering, memberikan nutrisi, dan mencerahkan kulit secara alami. Kombinasi antara avokad dan madu juga membantu menenangkan serta memperbaiki kulit, meninggalkannya terasa lembut dan segar.

8.Masker Pisang dan Jeruk Nipis untuk Anti-Aging

Bahan:

  • 1 pisang matang
  • 1 sendok teh jus jeruk nipis

Mulailah dengan mengambil satu buah pisang matang dan kupas kulitnya. Haluskan pisang tersebut menggunakan garpu atau blender hingga membentuk pasta halus. Setelah itu, tambahkan 1 sendok teh jus jeruk nipis ke dalam pisang yang sudah dihaluskan. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur merata dan membentuk tekstur yang kental namun mudah dioleskan ke kulit. Sebelum mengaplikasikan masker, pastikan wajah Anda sudah bersih dan bebas dari kotoran dan minyak. Oleskan masker secara merata ke seluruh wajah, hindari area sekitar mata dan mulut. Biarkan masker meresap dan bekerja selama sekitar 15-20 menit atau hingga masker mulai mengering. Setelah itu, bilas masker dengan air hangat dan keringkan wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih. Kombinasi pisang dan jeruk nipis dalam masker ini memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Pisang mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, dan E yang membantu melembabkan kulit dan mengurangi kerutan. Sementara itu, jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit dan merangsang produksi kolagen untuk menjaga kekenyalan kulit. Dengan menggunakan masker ini secara teratur, Anda dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan memberikan nutrisi tambahan pada kulit untuk hasil yang lebih sehat dan bercahaya.

9.Masker Kopi dan Minyak Kelapa untuk Eksfoliasi

Bahan:

  • 2 sendok makan bubuk kopi
  • 1 sendok makan minyak kelapa

Campurkan 2 sendok makan bubuk kopi dengan 1 sendok makan minyak kelapa dalam mangkuk kecil. Pastikan untuk mencampur keduanya hingga membentuk pasta kental yang mudah diaplikasikan ke kulit. Sebelum mengaplikasikan masker, bersihkan wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit. Setelah itu, oleskan masker ke seluruh wajah dengan gerakan memijat lembut, hindari area sekitar mata dan bibir. Pijatan lembut ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang sirkulasi darah di wajah. Setelah masker merata diaplikasikan, biarkan selama 10-15 menit agar nutrisi dari masker dapat meresap ke dalam kulit dengan baik. Masker ini memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kulit wajah Anda. Pertama, bubuk kopi berfungsi sebagai eksfoliator alami yang efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk, sehingga kulit terasa lebih halus dan bersih. Selain itu, minyak kelapa mengandung asam lemak sehat yang dapat melembabkan dan menutrisi kulit, menjadikannya lebih lembut dan sehat. Kombinasi dari kedua bahan ini juga memberikan efek antioksidan dan anti-inflamasi pada kulit, membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan meredakan peradangan, serta membuat kulit terlihat lebih segar dan bercahaya setelah penggunaan secara teratur.

10.Masker Wajah Pepaya yang Mencerahkan untuk Bintik-bintik Penuaan

Bahan:

  • 1/2 buah pepaya matang
  • 1 sendok makan madu alami
  • 1 sendok makan yogurt plain

Kupas, buang biji, dan potong pepaya. Haluskan pepaya hingga menjadi pasta. Campur dengan madu dan yogurt hingga merata. Oleskan masker ke wajah bersih, hindari area mata dan bibir. Diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan lembut. Masker pepaya ini memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah Anda. Enzim papain yang terdapat dalam pepaya membantu mengangkat sel-sel kulit mati, menjadikan kulit lebih cerah dan bercahaya. Kombinasi dengan madu alami dan yogurt plain juga membantu melembabkan kulit dan memberikan nutrisi penting, menjadikan kulit terasa lebih lembut, sehat, dan segar. Dengan penggunaan secara rutin, Anda dapat melihat perbaikan pada tekstur dan tampilan kulit wajah Anda.

Like this article?

Share on Facebook
Share on Whatsapp
Share on Linkdin
Share on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *